Cara Root Galaxy Mini-Froyo.


image

image

Mungkin cukup banyak pengguna HaPe Android yang bertanya-tanya apakah penting melakukan ROOT pada gadgetnya. Hal itu juga yang awalnya ada di pikiran gue. Sampai pada saat internal memori Galaxy Mini gue sesak napas. Dan gue kepikiran untuk memindahkan beberapa aplikasi ke eksternal memori, dan hasilnya gak bisa!
Jalan satu-satunya adalah mulai uninstall beberapa aplikasi yang gue anggap setengah perlu. Atau clear data dari setting, yang malah menyebabkan terhapusnya data-data yang sebelumnya tersimpan; password, history, dll.

Hingga akhirnya gue dapat pencerahan bahwa dengan melakukan ROOT pada HaPe gue, gue bisa kasih napas buatan ke internal memori GalMin gue. Karena setelah di root kita bisa install aplikasi yang bisa memindahkan aplikasi lain secara paksa ke memori eksternal (note: ada beberapa aplikasi yang didesain harus diinstal di internal memori, namun tetap bisa dipindah dengan catatan kemungkinan besar aplikasi tersebut tidak bisa berjalan sebaik ketika ia diinstall di internal memori, tapi masih tetap bisa berjalan cukup baik).
Dan dengan di-ROOTnya HaPe android kita bisa menginstall beberapa aplikasi menarik yang memang dikhususkan untuk HaPe android yang sudah diroot, mis; screen capture, move2sdenabler, dll.
Root sendiri kalo menurut pendapat gue semacam me-refresh o.s HaPe dan meniadakan aturan-aturan baku yang sebelumnya telah diberikan oleh pabrikan.

Untuk caranya sbb (o.s FROYO):
Siapkan kabel data micro USB, batere HaPe tidak kurang dari 50%, cd kies, dan PC.
(Sebaiknya back up dulu semua data penting dalam HaPe).

1. Install KIES.
Program ada di dalam cd bawaan atau kalau memang cd bawaan tidak bisa meng-install, aplikasi ini banyak tersedia di portal internet lain, search aja di google.
2. Download dan Install Superoneclick.
Sila unduh dulu aplikasinya di sini lalu install.
3. Hubungkan HaPe dengan PC.
Kabel data yang digunakan adalah Micro USB, berhubung Galaxy Mini tidak mendapatkan kabel data. Bisa pakai punya Nokia atau BB yang juga menggunakan kabel data micro USB. Sebelum dihubungkan ubah settingan Hape terlebih dahulu. Setting>>application>>development>>centang kotak USB debugging. Baru hubungkan. Tunggu sampai HaPe terdeteksi (akan muncul logo android kecil di bagian kiri atas layar) atau di pop up usb port notification PC akan terbaca jenis HaPe kita.
4. Jalankan aplikasi superoneclik.
Klik Root dan tunggu sampai proses selesai.

Jika semua proses sudah dijalankan, restart HaPe. Dan uang menjadi tanda bahwa HaPe sudah sukses di Root adalah munculnya aplikasi SUPER USER di dalam menu.
Dan silakan menikmati kebebasan dalam memperkosa jeroan Galaxy Mini tanpa ampun, install banyak aplikasi tanpa buat sesak napas internal memori, dan main beberapa aplikasi keren yang hanya bisa jalan pada hape yang sudah diroot.๐Ÿ™‚
Selamat mencoba.

Note: saat sudah di-root garansi tak akan berlaku lagi, sila di unroot apabila ingin garansi kembali lagi.

Penting: gue sih berhasil dengan baik saat menjalankan root dengan cara ini. Tapi kalo ada apa-apa dengan hape kalian saat proses root, resiko tanggung masing-masing. Gue cuma berbagi pengalaman.

2 comments

Leave a Reply

