Aplikasi penghemat baterai Android.


image

Sebagaimana kita tau kalo konsumsi baterai di android itu udah kayak ngerokok Marlb*** sambil naik motor! Cepet banget abisnya walau gak dihisap.
Nah setelah sekian lama cari cara supaya hemat baterai mulai dari matiin refresh interval aplikasi-aplikasi social network, atur jangka waktu refresh jadi lebih lama, dll. Cari-cari aplikasi baterai saver di market (gue udah pernah install dua aplikasi penghemat baterai yang gue lupa namanya). Belum lagi selalu resah kalo ketinggalan charger, atau gak nemu colokan listrik sama sekali.
Akhirnya gue mendapat pencerahan dari teman soal aplikasi penghemat baterai android. Walau sempat pesimis karena udah pernah coba dua kali dan hasilnya negatif, tapi karena tekad yang sudah sangat bulat kaya badan kudanil, sekeras keinginan untuk menikah. Akhirnya gue coba juga aplikasi yang disarankan sama teman gue untuk hemat baterai.
Nama aplikasinya adalah: JUICEDEFENDER yang bisa diunduh dari android market.

Pertama-tama install aplikasi ini gue sempat kesal. Kenapa kok gtalk gue selalu aja sign out. Tapi baterai gue jadi lebih AWET/TAHAN LAMA walaupun gak makan telor bebek.
Setelah gue telisik lebih lanjut, aplikasi ini bukan sekadar omdo saat dia bilang bahwa dia adalah aplikasi penghemat baterai untuk android. Karena cara kerja dia adalah mematikan semua konektivitas internet saat hape gak digunakan (hape gak diutak atik masuk internet). Tapi pada penjadwalan tertentu misal refresh twitter, FB, email, dll yang ada pengaturan refreshnya, pun email, aplikasi ini bakal memperbolehkan koneksi internet terjadi. Dan dengan cara kerja aplikasi ini gue akui amat sangat menghemat baterai. Baterai bisa awet kuang lebih sampai 1x lipat (gak berlaku kalo lo mainin android lo, keluar masuk aplikasi yang butuh koneksi inet setiap waktu).
Jadi menurut gue, buat kalian yang merasa terganggu dengan cepat habisnya baterai android kalian, sila untuk aplikasi ini dari market dan install (kalau sudah install dan diset enable, pake profil balance udah cukup kok). It works well berdasar pengalaman gue. Baterai jadi lebih awet/tahan lama walau gak minum obat kuat tambah timun!.

Sekian analisa sok tau gue (lagi2) tentang aplikasi penghemat baterai android. Gue nulis ini gak dibayar sama produsen aplikasi tersebut, pun bukan punya gue. Gue tulis ini lebih karena gue puas aja pake aplikasi ini untuk ngehemat baterai android gue. Tiket kepuasannya hampir menyamai tingkat kepuasan gue sama Tante Yanti *eh x)) Selamat mencoba!! Sekian dan terima kasih.๐Ÿ™‚

Note: sila ditambah kalo merasa ada yang kurang dengan penjelasan gue di atas. Soal selalu sign out gtalk gue gak tau apa user anderoid yang juga aplikasi ini punya masalah yang sama.

Tambahan: kalo dari pengalaman gue, pada saat sedang chatting lebih baik aplikasi ini didisable dulu.

17 comments

    1. bner, walau battrey lumyan agak boros, di jamin ga rugi pake android, karena wajar dengan kecanggihanya,, semua jd tertutupiโ€ฆ. makin cinte sama androidโ€ฆ ahahahaa

      1. Begitulah.. haha.. tapi tetep kudu disayang batrenya. Semakin cepet habis, makin sering diisi ulang tenaga, umur batre jadi makin pendek. Dan harga batre gadget model beginiian masih agak lumayan mahal.๐Ÿ˜€

    1. Nyahaha beda dong gan.. kalo mau lebih irit seting brightnessnya ke yg paling kecil. Terus aplikasi macam twitter facebook refresh intervalnya dilamain, kalo oake twitter for android sinkronisasi contactnya matiin aja. Begitu juga gmail sama yahoonya kalo pake, contact sync nya matiin aja.๐Ÿ™‚

  1. Nah gitu dong, Sum, jadi temen sekali-kali berguna kek.. Hahhaha..

    Sip, sip. Udah gue coba dan sepertinya lebih awet memang *toyor*๐Ÿ˜€

  2. aplikasi mantab inih!

    sebelumnya pemakaian normal aja batre tahan gak sampe 5 jam…
    pas udah pake ginian, sampe 8 jam juga aman-aman aja… :))

    selain pake ini, sync account juga penting…
    alhamdulillah android terbuka banget buat di sync manual…
    jadi sewaktu-waktu bisa di stel manual kalo gak perlu…
    jadi batre gak terbuang percuma buat update yang gak perlu…

    btw, nubih mau nanya lagi…
    waktu batre tinggal 5 % hape saya matiin,
    beberapa jam kemudian pas dinyalain kok nambah 50% lagi yah?
    apa hape saya ada battery savernya? apa gara2 aplikasi ginian yah?
    takutnya emang kenapa-kenapa lagi.. :-s saya pake sony ericsson xperia…

    maap kalo banyak nanya… jangan di bully kak, nubih banget nih.. tengkiyu… :3

    1. Wuih banyak amat nambahnya sampai 50% kak? Hampir semua tipe batre kan gitu, kalo dimatiin agak lama terus dinyalain ulang dayanya akan nambah dikit, tapi biasanya sih nambahnya ga sebanyak itu kak. Coba pasang battery indicator yg lain, sama ga prosentasenya.
      Better sih biarin aja sampai 2% terus matiin sampai ketemu charger lagi, biar battery gak kerja keras. *halah kerja keras* x))
      Buang widget, update interval di aplikasi juga ngaruh lho kak, plus pemakaian 2/3G dan brightnes display. Semoga membantu kakak…๐Ÿ˜€

  3. baiklah… nais inpo banget!
    saya pake batere indikator bawaan hapenya…
    widget juga dikit, paling live wallpaper aja biar heboh… hayah!
    thanks buat masukannya… kakak ini emang ahlinya!

    rikues besok-besok bahas aplikasi android penambah kegantengan si pemakai dong kak.. :3

Leave a Reply

