Cara memindahkan aplikasi ke Memori eksternal Galaxy Mini.


image

image

Sebagaimana ncang ncing nyak babe tau, kapasitas memori internal Galaxy mini itu hampir serupa sama miniset, cuma 180an MB. Yang mana bakal penuh sesak sampe kawat pengaitnya putus kalo diinstal banyak aplikasi. Belum lagi aplikasi-aplikasi yang oke biasanya hanya bisa diinstal di memori internal, dan gak bisa dipindah ke memori eksternal, yang notabene-nya (buset dah bahasa gue..) punya kapasitas lebih besar (micro SD bawaan 2GB).
Nah, setelah gue ngerasain sendiri beberapa kali notifikasi yang kasih tau bahwa memori internal gue kepenuhan. Akhirnya gue coba cari tau gimana caranya mindahin aplikasi ke memori eksternal.

Setelah ngubek-ngubek isi market akhirnya gue nemu aplikasi yang namanya Move2SD Enabler (aplikasi ini hanya bisa berjalan kalo hape udah di-root, kalo mau tau cara rootnya sila baca di sini ). Setelah diinstal, dan diklik ‘allow’ pada saat ada request dari superuser, klik lagi ‘i’ve read it’ lalu ‘next’, terus pilih eksternal – ok, udah deh tinggal pindah-pindahin ke SDcard aplikasi-aplikasi yang sebelumnya gak bisa diinstall di memori eksternal. Ruang memori internal si Mini jadi berasa lengang dan bebas bernapas kaya selangkangan kalo lagi pake sarung dan gak pake CD. Aplikasi apapun sekarang bisa dengan enaknya kita jejelin ke mulut si mini. Selamat mencoba dan pasti berhasil!πŸ™‚

PENTING:
– Dari pengalaman gue, setelah aplikasi demi aplikasi gue ‘paksa’ pindah ke eksternal memori, ada beberapa aplikasi yang tidak berjalan dengan baik walau bisa digunakan, seperti refresh interval pada aplikasi twitter, kalau facebook dan aplikasi sosial lainnya gak ada masalah.
– Walaupun sudah dipaksa pindah, gak semua size aplikasi yang sebelumnya gak bisa dipindah ikut pindah. Masih tersisa beberapa Kb dari aplikasi yang dipindah di memori internal, jadi jangan heran kalau memori internal tetal berkurang sedikit saat kita install/ pindah aplikasi baru di SDcard.
– Saran gue, pada saat masuk move2sd pilih auto aja dulu, karena kalau langsung pilih eksternal, setiap kita download/install aplikasi langsung masuk ke SDcard, yang mana kalau kita download di market akibatnya bisa gagal install (walau gak semua). Nanti begitu udah diinstal, buka lagi move2sd, baru pindahin kalau aplikasi tersebut terinstall di memori internal.

JIKALAU
Ada yang gak mau hapenya di-root, yang otomatis gak bisa gunain move2sd enabler tapi tetap pengen memori internalnya sedikit lega. Saran gue:
– Rajin-rajin clear data browser dari setting, karena size data browser lumayan jumbo. Atau kalau mau install opera mini, size data aplikasi ini lumayan kecil, dan dia bisa diinstall di sdcard.
– Gak usah install aplikasi sosial macam facebook for android, twitter for android, seesmic, tweetdeck, hootsuite, dll. Data mereka-mereka ini guede, lebih baik untuk facebook buka dari opera mini. Twitter install aja Ubersocial, plume, atau twicca, yang udah bisa diinstall di memori eksternal.
– Cermat pilih aplikasi, yang artinya lihat dulu aplikasi tersebut bisa diinstall di mana.

OH IYA
Sebetulnya ada beberapa aplikasi serupa, seperti App2SD, Link2SD, yang pastinya mereka juga butuh hape yang udah di-root. Kenapa gue gak bahas aplikasi lainnya itu, karena gue emang belum coba :p

Yaudah, sekian dulu. Selamat mencoba, kalau ada yang punya info tambahan atau kelebihan aplikasi lain yang serupa move2sd ini, monggo dishare, kita sama-sama berbagi info. Happy ngandroid!πŸ˜‰

8 comments

  1. tank kyu gan..
    udah sukses ane
    prtamany mau coba yg rubah mem ekstrnal jd intrnal…..
    tp super ribet.. eh nemu postingan ini.
    makasih loh
    kl nhe root ny mah alhamdulilllah gampang. ane pk superoneclick..cepetbanget. ..tp hrs pk pc.

Leave a Reply

