Mengembalikan market Android ke versi lama.


image

image

Sebagaimana kita tau, market android sekarang ini sudah keluar versi terbarunya, yang lebih oke dari sisi grafisnya. Yang otomatis butuh lebih banyak download data untuk membukanya, dibanding market yang lama. Yang otomatis juga jadi lebih lemot mengingat kualitas jaringan operator yang ada di Indonesia.
Yang akhirnya (buat gue) jadi males buka market, update aplikasi, kalau gak pake wi-fi, karena tingkat kelemotannya mencapai tingkat dewa.

So, gue memutuskan untuk balikin lagi market ke versi yang lama. Sudah coba pakai cara uninstall updates dari setting, berhasil, tapi masuk ke kategori ‘editansil’ gak bertahan lebih dari 5 menit. Tuh market udah balik lagi ke versi terbaru. Sampai akhirnya gue nemu caranya, pake Titanium backup!

– download dan install titanium backup di market.
– buka titanium backup, pilih ‘backup/restore
– cari ‘market updater‘, klik uninstall.

JENGJENGJENG!! Market langsung balik lagi ke versi lama, dan kali ini gue yakin dia udah minum pasak bumi, tahan lama. Gak akan update kalau gak kita update manual (sepertinya, karena gue juga baru coba, tapi at least lebih yahud dibanding hanya uninstall updates di setting).

Tapi, sekali lagi, ini soal kebutuhan, suka gak suka. Kalau yang gak masalah gunain market versi terbaru ya monggo, tapi kalau di antara ente ada yang punya masalah yang sama dengan gue (speed saat buka screen by screen di market) boleh lho dicoba cara gue. Selamat mencoba!๐Ÿ™‚

Catatan:
Titanium backup hanya bisa bekerja dengan baik di hape yang sudah diroot, kalau masih bingung cara root, sila diintip di sini.
– Gue gak bertanggung jawab apabila ada crash/kerusakan yang terjadi. Gue cuma share apa yang udah gue lakuin.
– Gue gak tau gimana cara balikin market ke versi lama di hape yang belum diroot, satu-satunya cara yang gue tau ya lewat setting-manage application-uninstall updates itu, yang mana gak bertahan lama.
– Bagi gue, percuma punya hape dengan OS terbuka kalau gak diapa-apain, sayang banget. (Ini bukan provokasi, cuma cari teman aja, sekalian manas-manasin ente pade buat oprek android ente).

Tambahan catatan:
Kalau ada yang punya cara lain, atau mau menambahkan/koreksi cara gue di atas dipersilahkan dengan sangat lo, mari berbagi. Salam olahraga! *eh Salam Android.๐Ÿ™‚

Leave a Reply

