Virus di Android


image

Belakangan, di dunia android mulai ramai berita tentang adanya serangan virus yang jenisnya beragam. Di mana yang paling ngehits adalah virus sms trojan, virus ini bekerja dengan cara mengobrak-abrik sms, hingga kita secara tidak sadar akan tertipu hingga berlangganan konten-konten premium secara otomatis. Gue rasa nih virus tergila-gila sama info tentang kegiatan artis deh, kok yang dibabat sms premium.. aturan os atau hapenya kek.. #eh amit-amit.. *ketok meja*

Sebetulnya ada juga virus yang akan hack data perbankan pribadi di ponsel android, nama virusnya sendiri gue belum tau, dia belum terkenal kayak trojan yang udah ngehits di mana-mana soalnya.
Virus yang muncul di android ini tiba-tiba bagai teror mantan pacar yang diputusin secara sepihak, bikin gelisah para penggunanya, terutama yang baru saja beli hape android. Dor! Hape baru udah dapat ancaman virus aja.

Nah, tentang virus itu, ini analisa suka-suka gue:

Android itu pake sistem os terbuka, hampir sama kaya symbian di nokia. Dengan sistem operasi terbuka, kita bisa install aplikasi dari luar market android sekalipun. Yang otomatis bisa aja pada saat kita donlot pacar baru aplikasi dari web, di sana ikut terdonlot juga virus-virus nakal.
Kalo bisa dianalogikan, os sistem terbuka tuh 11-12 sama PC, yang kapan aja bisa terserang virus. Bahkan di dalam sebuah program antivirus pun bisa terdapat virus.
Takut? Kenapa harus takut? Kalo tiba-tiba hape kena virus, anggap aja lagi sial. Siapa suruh suka jajan sembarangan.
Toh kalo emang kena, kan tinggal di cek, scan di komputer memory cardnya, kalo ada virusnya langsung format tuh memory. Jangan lupa gadgetnya diformat ulang juga atau di hard reset, biar ilang tuh bau tak sedap. Kenapa diformat? Biar aman aja, kalo cuma dicure, takutnya tu virus masih meninggalkan sisa nodanya di sprei kesayangan.
Soal data-data yang hilang saat pembersihan virus, itu risiko.

Dengan sistem os terbuka, virus adalah hal biasa. Virus bisa datang dari aplilasi yang didonlot dan install, dari custom rom, dari donlotan bokep, dari mana aja.
Cara paling aman untuk mencegahnya ya cukup pakai kondom install aplikasi yang tersedia di market, hape gak usah dimacam-macamin kayak dicustom romnya, dan install antivirus dari market. Walau gue pun yakin gak semua aplikasi di market bebas virus.
Kalo gue pribadi, persetanlah dengan virus, salah satu alasan gue beli hape android karena os terbukanya, yang bikin gue bisa obrak abrik jeroannya, tanam macam-macam aplikasi, lagian virus tuh kan bikin kita belajar, jadi tau mana aplikasi yang sehat, mana yang enggak.
Jadi soal berita virus di android, itu cuma hal yang biasa terjadi di handphone dengan sistem operasi terbuka. Sekian dan terima dipersuami.

9 comments

  1. saya nubih om baru pake ginian… *sungkem*
    jadi solusi baiknya gimana? perlu dipakein antivirus ga?
    kata temen sih mending jangan donlod aplikasi porno-pornoan…
    padahal di android market banyak godaan wallpaper artis korea yang unyu-unyu…
    mohon pencerahannya… *sungkem lagi*

    1. Kalo gak dicustom rom, dan gak sering install aplikasi dari luar market, gak usah pake antivirus gapapa kakak…
      Tapi kalau mau banyak donlot aplikasi porno unyu2, mending pakein aja kakak.. pake lookout atau antivirus free dari market. Cari aman aja kak Rico..πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s