Cara Ganti Akun Gmail Utama Di Handphone Android


Di handphone Android, fungsi akun Gmail sangatlah penting, karena akan tersambung ke Market, Gtalk, dan beberapa aplikasi google lainnya. Akun yang dimaksud di sini adalah akun utama, yang pertama kali diminta saat kita melamar pacar
menyalakan handphone Android pertama kali setelah membeli, atau setelah factory reset. Nah, kendalanya, pada saat kita sudah memasukkan akun utama, kita tidak bisa dengan mudah mengantinya. Karena akun tersebut tidak dapat didelete, jika tidak difactory reset.

Berikut saya jabarkan beberapa cara yang telah saya uji:

Untuk yang belum diroot:
– Buka setting > Application > Manage Application > cari Google Apps > clear data. (Cara ini belum saya coba, karena saya tidak dapat menemukan pintu hatinya aplikasi tersebut). Hingga satu-satunya jalan adalah: Factory reset (jangan checklist di kolom format memory card bila memang tidak ingin memformat memory card).

Untuk yang sudah diroot:
– Download Root Explorer, aplikasi ini sudah dicabut dari market. Maka download saja dari tempat lain dengan keyword google ‘Root Explorer.apk’ lalu install.
– Buka Root Explorer > Data > System > cari Account.db > Delete. Selesai.

image

image

image

Yang menandakan apa akun utama sudah berhasil dibuang atau belum bisa dilihat dengan cara restart handphone. Lalu buka Gmail. Bila diminta memasukkan akun, berarti proses move on penggantian akun berhasil.
Lebih enak bagi handphone yang sudah diroot, karena tidak akan kehilangan harga diri apa-apa.
Sedang handphone yang belum diroot dan harus menggunakan factory reset, lebih baik back up contactnya, karena saat factory reset, semua contact, aplikasi yang didownload dan terinstall akan hilang, serta semua setting akan kembali seperti awal. Selamat mencoba.

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s