Ubah Font Di Handphone Android.


Kelamaan jomblo itu membosankan. Begitu juga kalo kita lihat font di handphone yang gitu-gitu aja, seolah-olah gak bisa move on, mana developer gak mengizinkan buat kita ganti-ganti font.
Jadi sekarang saya coba share cara untuk ganti font di handphone Android (saya pakai Samsung, gak tau apa di handphone selain Samsung bisa atau tidak).

Caranya:
1. Handphone harus sudah diroot, cara rootnya bisa dilihat di sini atau di marih.
2. Unduh dan install aplikasi root explorer di Market.
3. Unduh aplikasi Font Changer di market.
4. Cari dan unduh font dengan format .ttf, atau bisa dengan cara meng-copy paste font yang ada di PC, dengan cara control panel-font. Pilih font mana yang ingin dijadikan font handphone.
5. Buka Root Explorer, ubah pilihan mount r/w menjadi r/o, pindahkan font-font tersebut (kalau masih berbentuk .zip diekstrak dulu) ke folder ‘system-font’. Lalu ubah permisions font tersebut (tekan nama file yang lama) menjadi seperti ini.
image

6. Lalu pindahkan lagi font tersebut ke folder ‘sd card-.font canger’. Kenapa harus dua kali pindah? Karena kita tak bisa ubah permisions file tersebut bila berada di dalam sd card.
7. Buka rok teman sebelah aplikasi font changer, pilih font yang diinginkan, reboot now.

Mongmong! Font sudah berubah, pandangan mata bisa lebih segar, setidaknya kalau belum bisa mengubah jalan hidup yang membosankan, bisa dimulai dengan ubah font handphone terlebih dahulu. Siapa tau bisa nular…
Selamat mencoba.

Catatan: Bisa juga pakai aplikasi Fontomizer sp dari market (yang belum diroot juga bisa pakai) hanya saja pilihan fontnya terbatas.

5 comments

  1. nice info,,
    mau nanya itu permisions font-nya diubah jadi apa ya? coz yg di nmr 5 gk ada keterangannya. oya,, sy udh nyoba, berhasil sih tp ikon jam, baterai, ketrangan di kontak kok gk berubah ya? apa emng sperti itu?
    mksih ya sblumnya.^^

    1. Hai hai, maaf ternyata SSnya ketinggalan, udah ditaruh ya di atas permisionsnya, tinggal samain aja. Kl ikon gak akan ada perubahan, tapi kalau font, semua akan berubah, termasuk di kontak atau jam, jadi sesuai dengan bentuk font yang kita apply dari font changer.🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s