Cara Root Dan Unroot Galaxy W.


Gausah banyak basa basi, nanti jodohnya lari. Yuk ah yang pake Galaxy W firmware 2.3.6 diroot dulu HHnya.

Gak perlu takut garansinya raib, soalnya bisa diunroot juga nih.

Langkahnya:
Donlot dulu file zip buat root-nya di sini dan simpan di sd card.
Lalu masuk recovery mode, caranya: Matikan handphone, terus pencet tombol power+volume up+home secara bersamaan. Tekan terus sampai orgasme muncul logo samsung. Setelah itu lepas pencetannya secara berurutan; dimulai dari lepas pencetan di tombol power, baru tombol home dan volume up.
Kalau sudah, akan muncul logo android (robot ijo), kalau tidak berhasil silakan diulangi lagi. Lalu tekan menu, pilih apply update from sd card. Pilih file zip yang tadi didownload, ketika sudah selesai, pilih reboot now.
Tada! HH sudah sah diroot, tandanya? Ya seperti biasa, superuser udah nangkring di menu.

Nah untuk unrootnya, caranya sama seperti root di atas, lewat recovery mode, lalu pilih apply update from sd card dan reboot. Di mana file nya bisa didownload terlebih dahulu di marih. Des! HH sudah resmi perawan lagi, tidak lagi dalam gerepean superuser.

Selamat mencoba dan semoga membantu.🙂

126 comments

  1. Selamat malam mas saya mau tanya.saya pengguna samsung galaxy w,dan sudah di root.beberapa hari yang lalu saya melakukan reset pabrik.setelah proses selesai,tiba tiba muncul notice seperti ini “proses com.android.phone terhenti tanpa di duga.harap coba lagi (paksa tutup).sebenar nya apa yang terjadi pada handphone saya,apa penyebabnya dan bagaimana solusi nya.apa kah hal tersebut berbahaya buat handphone saya.apa petlu saya melakukan proses unroot pada handphone daya.mohon bantuan nya mas.terima kasih sebelumnya🙂

    1. Pakai stock rom bawaan atau hasil download sendiri? Atau pake launcher ga? Biasanya itu bug-nya. Rootnya sukses? (Superuser bisa berjalan dengan baik). Coba dulu masuk recovery mode, di wipe cache dan data dari sana. Kalau masih sering force close seperti itu, mau tidak mau diflash ulang hpnya. Semoga membantu.🙂

  2. nah itu dia mas masalah nya.karena hp nya saya beli seken.dan udh di root sama yg punya sebelum nya.awal nya sich baik baik saja mas,karena mmx gx saya reset pabrik.setelah saya reset pabrik maka muncul lah masalah tersebut.tujuan saya mereset pabrik buat ngapus akun yang lama.dan semalam udah saya hard reset jg,tp gx membantu mas.klw udh gitu langkah selanjut nya apa donk mas.mohon pencerahan nya lago mas.makasi mas sebelum nya😀

    1. Nah, seperti yang diinfokan mas gilang. Bisa diflash ulang dulu saja. Kalau mau aman pakai stock rom, coba cari stock romnya di samfirmware.com setelah itu bisa juga pake custom rom (tapi kalau custom rom kemungkinan2 untuk muncul force close pada system masih ada). Kalau pake stock rom biasanya lancar2 saja.🙂

      1. oke mas.seperti nya memang harus begitu.karena udh berbagai macam cara saya lakukan ttp gx ada hasil.udah di unroot,kemudian saya root lagi.msh aja begitu.cuma yg jd masalah saya nya bisa gx ya.hehe:D.jadi malu x_x.
        do’a in ya mas.semoga saya bisa😀

        buat mas gilang,makasih mas.salam kenal aja mas.hehe😉

  3. maaf mas.nanya lagi😀
    saya masih
    bingung mas sama tutor intall stock rom nysa.file file seperti stock rom,odin
    dan ops itu download (simpan) nya di hh
    apa di pc mas.dan saat kita melakukan
    proses install nya harus terkoneksi
    internet apa gx mas.apa yg akan terjadi
    ketika dlm proses install tiba tiba
    listrik padam.dan apa msh boleh hh yg di
    flash ulang di root lg ( tanpa kambuhan
    penyakit lama.dalam hal ini force close)
    sebelum nya terima kasih mas.di mohon
    pencerahan nya

    1. penyakitnya itu pastinya akan sangat merepotkan kalau setiap kita buka system malah force close, buat saya sih itu sangat merepotkan.
      untuk flash file2 itu disimpannya di pc, nanti flashingnya menggunakan odin. gak perlu koneksi internet saat flashing. kalau bisa gunakan net/notebook saja flashingnya kalau memang daerah tempat tinggal sering padam listrik, atau dilakukan di jam2 yang jarang sekali mati listrik.
      karena terlalu sering gagal flashing firmware bisa membuat HH cepat rusak.
      kalau sudah flashing ulang (stock rom) lalu diroot atau tidak, hampir pasti penyakit force close pada system sudah tidak ada lagi.
      semoga membantu ya

      1. ok mas.terima kasih banyak pencerahan nya mas.tulisan mas benar benar sangat membantu.hehe😀.mas benar benar penulis yang luar biasa ;;-).

        kapan kapan boleh nanya nanya lagi kan mas 🙂

      2. selamat sore mas.tanya lagi donk mas.kenapa ya setiap saya download firware nya selalu corupt/ error.mohon pencerahan nya mas.

        makasih mas😀

      3. Downloadnya lewat pc atau handphone langsung? Saran saya sih lebih baik lewat pc/laptop (walau lewat hp tidak apa2 kalau memakai jaringan wifi yang stabil).
        Size stock rom cukup besar >300MB. Jadi downloadnya harus dengan kualitas jaringan internet yang stabil. Soal eror pada saat download mungkin sebab jaringan internet yang kurang stabil saja. Jadi silakan dicoba download dengan jaringan internet yang stabil.

  4. Oo gitu ya mas.pantas aja.soalnya saya download nya di warnet mas.dan mmx jaringan nya sedikit krg stabil.oh ya mas,boleh minta rekomendasi stock rom yg bgs gx mas.

    makasih lagi ya mas.hehe:-D

      1. saya mau ucapin terima kasih banyak mas.akhirnya atas tips dan saran mas HH saya kembali normal dan lebih ok.dan menambah pengalaman baru buat saya.dari tidak tahu menjadi tahu,dan dari tidak bisa menjadi bisa.hehe😀

        oh ya mas.jangan bosan menulis ya mas,terus lah berkarya😀

  5. bos mau nanya ni.
    kok ane buka link2sd punya ane gk bisa ya
    tulisannya gini “link2sd has not yet managed to obtain root acces”
    trus ada lagi notice nya “aplikasi superuser(dalam proses com.noshufou.android.cu) tidak merespon”
    mohon pencerahan nya bos😀

    1. Coba unroot lagi, lalu root ulang. Biasanya saya selesai root langsung buka superusernya. Bisa berjalan atau tidak. Atau saya buka aplikasi yang butuh approval daru superuser seperti titanium backup. Kalau sudah benar rootnya, seharusnya link2sdnya bisa dijalankan.🙂

  6. gan ane msh takut kalo di root katanya kalo ngerootnya salah bisa brick kata temen saya..Brick = mati total,,
    bener ga gan? mohon pencerahannya untuk bisa di root hp saya,,soalnya aga lelet😀

    1. Iya memang ada risiko brick, tapi saya kira kecil kemungkinannya kalau melakukannya sudah sesuai stepnya. Dan fyi, root gak otomatis bikin lelet di hp ilang, root hanya membuka akses yang sebelumnya terkunci. Contohnya bisa pindahkan storage aplikasi ke memori card (dengan aplikasi tambahan) di mana aplikasi tersebut hrusnya tidak dapat dipindah.

  7. selamat pagi mas.saya mau tanya lagi mas.tapi kali ini tentang samsung galaxy ace plus.apa kah galaxy ace plus bisa upgrade ke ics atau jelly bean mas.kalau bisa minta tutoriak nya donk mas.hehe:D
    trus kemarin saya hbs ngeroot galaxy ace plus.awal nya failed dan ada tanda warning (segitiga warna kuning plus tanda seru) pas ngidupinnya.setelah itu saya coba root lagi dan akhirnya berhasil.tapi yang saya herankan tanda warningnya gx hilang.itu gimana ya mas.masalah gx sich mas buat hh saya.hehe:D
    makasih mas sebelum nya.dan maaf juga kalau ternyata saya salah kamar😀

    1. Kalo ace stock rom baru sampe GB, cuma custom romnya udah ada sampe JB.
      Untuk gagal root sendiri saya belum pernah, jadi kurang tau apa bermasalah atau tidak. Mungkin dicoba dulu saja. Kalau ada yang tidak berfungsi ya solusinya flashing ulang dulu baru root lagi.🙂

  8. selamat malam mas, saya mau nanya lagi mas,,saya udah ngelakuin step dari mas nih,,trus udah bener semuanya sampe reboot now..nah tapi saya ga muncul superusernya mas,,apa saya mesti ngeunroot lagi atau gimana mas??mohon bantuanya..masih ketakutan brick mas,,hehe😀

      1. alhamdulillah sudah mas,,terima kasih mas nanti kalo ada apa apa lg saya akan nanya lg mas,,matur nuwoon

      2. Asslamualaikum mas,,mau tanya lagi nih mas,,knp ya setelah di root hp saya jd lemot bgt,,agak patah”,,asalnya setelah di root saya instal beberapa game game gede ky the sims, eternity warrior 2, blood & glory gtu mas,,
        tp lama kelamaan jd makin parah loading terus kalo cuma geser aplikasi doang,,
        saya akhirnya nguninstal game”nya sama aplikasi yang ga perlu,,
        kalo lemot gtu itu pengaruh dr d root bukan mas??
        mohon pencerahannya..soalnya hp wonder saya ini bru d beli 4 bln yg lalu,,
        terima kasih,,:D

      3. Coba dicek internal storagenya, kepenuhan ga, lalu cek in use ramnya. Kalo keduanya kepenuhan, maka jalannya hp akan berat/sangat lambat. Dan juga periksa active application, kalau terlalu banyak yang terbuka akan pengaruh sama kinerja hp. Semuanya ada di menu task manager.

  9. mas mau nanya nih, saya mau unroot galaxy w saya . tapi sebelum masuk ke recovery mode waktu gambar android ijo itu kok tiba tiba langsung reboot ya ? minta penerangannya makasih🙂

  10. assalammualaiku.. mas aq mohon bantuan.. tombol home d galaxy w saya bermasalah mas, klo mas bsa bntu apa solusinya?? trus tiap saya buka aplikasi pasti close sndri wktu sdg asyik nggunain aplikasi tu.. kdang2 tmbol power jga brmsalah mas, padahal aq mencet tombol power aja tpi mlah screen shoot sndri hh ne..
    mohon solusinya ya mas.. aq bgung..

    1. Wa’alaikumsalam. Kalau masalah tombol home mungkin masalah hardware ya mbak, saya ga begitu ngerti. Tapi lihat dari aplikasi yang suka nutup sendiri dan kalau pencet tombol power suka screenshot sendiri (cara screenshot di gal w tekan home+power bersamaan) mungkin memang tombol homenya bermasalah, dalam kondisi tertekan sendiri. Sebaiknya dibawa ke service centrenya aja mba. Mereka pasti punya solusinya. Lebih cepat lebih baik, daripada ga nyaman pake hpnya.
      Mohon maaf, saya ga begitu ngerti soalnya kalo menyangkut hardware.🙂

  11. selamat sore mas.saya mw tanya mas.kira2 1 bulan yg lalu saya jg pernah berkunjung kesini.bertanya perihal flashing galaxy w.krna wktu itu hh saya brmaslah yaitu force close.dan mas kasih saran install stock rom aja.krna klw cusrom kemgkinan force close ada lagi.nah setelah sebulan saya pake stock rom tersebut,sebenarnya gx ada masalah sich.cuma saya ingin coba install cusrom mas.yg saya tanyakan.apabila saya install cusrom apakah masalah force close yg wktu itu datang lg mas.hehe😀
    rencana nya saya mw install cyanogenMods 10 alpha 2 atau 3 mas.kira kira bugs nya apa saja ya mas.
    makasih mas sebelumnya😀

    1. Kalau cyanogenmod saya sempat pakai yang aokp, jadinya jelly bean. Yang muncul: camera masih suka force close, sama player untuk video HD tidak berjalan dengan baik, walau sudah pake aplikasi lain seperti realplayer, mobo, dll. Untuk systemnya berjalan sangat baik. Silakan dicoba saja.🙂

      1. masalah force close seperti yg saya alami sebelum nya (dlm hal ini semua sistem) ada kmgkinan balik lagi gx mas.oh ya camera nya klw di bantu pake apps camera 360,cymera atw vintage camera bisa gx mas atw video nya pakai apps mx player.trus wktu penginstallan class sd card nya ngaruh gx mas.krna saya sd card nya class 4,4gb.makasih mad sebelumnya.hehe😀

      2. Kalau installnya bener, enggak. Kamera bisa diakali dengan camera360 atau lainnya. Sedang video saya belum coba mxplayer, mungkin bisa dicoba, kalau tidak keberatan dishare juga hasilnya. Untuk sd card akan pengaruh apabila dipartisi/digunakan untuk membantu internal memori (scan memori akan menjadi lumayan lama). Kalau hanya untuk penyimpanan tidak ada pengaruhnya, selain kecepatan membaca file.

      3. waduh.masalahnya sd card saya udh di partisi mas.klw pake sd card yg 2gb tp class nya saya gx tw.merk nya v- g*n gimana mas.ok mas.insyaallah klw installannya berjalan dgn baik saya akan share hslnya di sini😀

      4. selamat sore mas.sesuai janji saya kemarin,saya mau kasih laporan mas.perihal cusrom😀
        Alhamdulillah saya berhasil install cusrom nya.secara overall saya puas dgn cusrom tersebut.walau mgk sedikit boros batrai.untuk bugs nya,menurut info yg saya baca vidcall terkadang error.klw yg lain,seperti camera,video,telp,wifi dll ok ok aja.khusus wifi saya jg belum coba.tp seperti nya ok ok aja kok.hehe😀
        Sekian mas.makasih mas atas masukannya kemarin😀

      1. engga mas
        jadi kalau habis tutup aplikasi, di home screen layarnya tuh suka kedip kedip (nya la – hidup) jadi kalau buka menu tuh suka balik lagi ke home screen mas
        mohon bantuannya mas

      2. Waduh, saya belum pernah liat kondisi itu. Dan belum ngalamin, jadi saya gak punya jawabannya. Maaf ya. Atau coba factory reset, masih gitu ga, tapi back up datanya dulu.

  12. selamat siang mas😀
    help mas😦
    setelah beberapa hari sata menggunakan rom cyanogenMods 10 alpha 2,saya mulai menemukan ke anehan di hh saya.tiap x saya menghidupkan hh saya,pas mw masuk homescreen tiba tiba mati sendiri.saya coba restart lg baru bisa.terkadang sampai 3x restart baru bisa masuk homescreen.itu kenapa ya mas.apa yg harus saya lakukan untuk mengatasi nya mas😦
    nah,klw saya mw balik ke stock rom gimana cara nya mas.apakah cukup dgn restore hasil backupan via cwm sebelumnya saja atw via odin mas.
    klw pun ada cusrom yg lbh ok jg gpp mas.barangkali ada recomend dr mas.hehe😀
    dan minim bugs nya😀
    mohon pencerahannya ya mas
    makasih mas sebelumnya😀

  13. sorry mas.ternyata saya salah mas,koplak
    karena penasaran saya coba restart lg hh saya.nah pas mw masuk homescreen itu ternyata bkn mati mas hh nya,tp ter lock.nah karena saya blm milih pake launcher yg mana ( saya pakai 2 : W8 dan bawaan Rom,bergantian) hh nya keburu ke lock.trus saya tekan power (jelas aja gx respon,kn blm masuk homescreen : koplak lagi ).setelah saya tekan menu homescreen baru dech😀
    sorry ya mas,jdy malu saya.
    oh ya thx ya mas pencerahan nya.
    oh ya mas.untuk set cpu itu pas nya brpa ya mas.saya mw underlock mas.trus tips menghemat batrai jg.soal nyA rom nya boros btrai amir😦
    sorry mas.bnyk nanya saya nya😀

      1. ok dech mas.saya pilih 1 aja.saya rasa itu udh cukup kok😀
        Lagian saya jg mw mengehemat pemakaian batrai.ngaruh kan mas😀

        Makasih mas😀

  14. misi gan mau tanya ni.
    kalo root yg sudah terinstal cwm bisa gak?
    soalnya saya dah ngikutin sampai ada tulisan instal complete tapi di menu engga ada icon super usernya.
    kemungkinan root gagal ya?.
    pusing ni

    1. Kalau saya biasanya diroot dulu baru cwm. Kalau emang icon SUnya ga ada, kemungkinan rootnya gagal. Coba diroot lagi saja. Pilihnya yang apply update zip from sd card, jangan install zip from sd card.

      1. Kalau ga ada SUnya setau saya gak keroot, jadi ga ada yang perlu dihapus. Atau coba install titanium backup, kan dia ada permission dari SU, bisa di allow ga, kalau bisa berarti root memang sudah berhasil, kalau tidak ya berarti HH tidak ter-root.

  15. Mas mau tanya dong
    hp galaxy wonder saya sering mati-mati terus padahal battre masi 30-50% makanya kalau tadinya saya pikir karena battrenya yg gembung tp setelah ganti masih sama saja itu kenapa ya? apa harus flash ulang?mohon bantuanya.

    1. Mati atau restart? Stock rom atau custom rom?
      Coba dicek pemakaian memori internalnya, kepenuhan atau tidak, karena kalau kepenuhan suka seperti itu. Atau terlalu banyak aplikasi yang terbuka, sehingga RAMnya gak kuat. Pengalaman saya sih 2 hal itu yang suka buat hp mati sendiri.

      1. mati mas pas dinyalain lagi battre langsung kosong makanya kadang saya harus colok charger biar bisa nyala lagi,sebelumnya blum pernah saya flash jadi masih OS bawaan pabrik GB tp sudah saya root,kalau soal memori sudah saya hapus mas tp masih saja begitu,kalau harus flash sebaiknya ke versi mana dan dimana ya saya bisa dapetinnya

  16. mas mau tanya lagi? kenapa ya setiap saya mau flash kok downloadnya g jalan2 malah sampe satu jam saya tunggu,itu kenapa ya?apa filenya yg corrupt tp padahal mdt5nya pas check ok

  17. Selamat sore mas, mau nanya nih. GalaW alias Galaxy W saya pas sedang di charge tiba2 batre panas sekali dan langsung mati total. menurut mas, apa penyebab nya? dan apa solusinya? apa pengaruh sma di root? mohon penjelasan nya mas. makasi sebelumnya🙂

      1. nggak pake cusrom mas. masih stock rom. cuma di root aj. kejadian nya baru kali ini tapi HH saya langsung gak bisa idup sama sekali. batre secara fisik normal (gak gembung) tapi waktu di charge tadi mlm, baru 10 menit charge batre nya panas banget, dan HH pun mati total. ada solusi mas?😦

      2. Sekarang HHnya hidup ga? Kalo mati berarti ngebrick.
        Maaf saya belum pernah hidupkan lagi HH yang brick. Tai coba googling deh cara mengatasi HH yang brick, sudah banyak yang kasih solusinya. Maaf ya.

  18. Mas, saya pake galaxy w, layar suka nyala sendiri. Muncul desk clock yang tidak bisa dimatikan manual. Kalau diliat dari program yang running,, ternyata yang jalan adalah “jam”. Bagaimana cara mengatasinya? Hp saya baru jalan 8 bulan, masih garansi dan belum diroot. Terima kasih

  19. mas, mw tny, pas udh masuk ke apply to sd card, tak pilih file zipnya kx malah kayak folder? gx bisa.
    padahal aq taruh di luar folder.
    solusinya mas?
    ane udh nyoba 6 kali, tp gagal trs..

    1. Piihnya apply from sdcard. Lalu file zipnya coba ditaruh di sdcard satu (system) yang bagian luar. Jangan yang sdcard 2. Karena biasanya secara otomatis sd card akan terbagi 2.

      1. file manager?
        kan pertm saya download. jadi ya masuk ke folder download (internal).
        trs aku pindah ke exsternal sd card.
        tp pas msk ke recorvery malah dibukak kyk folder filenya itu. hufffftt..pusing mas

      2. gan, tandanya kalo udah di root gimana ya?
        aku download titanium kox statusnya belum diroot?
        apa rootnya gagal?
        kalo gagal, bisa di ulang ato gimana?

  20. Gan Mau Nanya ..

    HH saya udah Di root Tapi Saya Udah Reset Pabrik , Apakah Root akan Hilang, Dan Masih Bisa di Unroot Lagi gak Gan ???

    Dan satu Lagi gan , saya kan Udah Cusrom Tapi Kalau saya Unroot Bisa Gak ?

  21. gan, mau tanya dong.
    samsung W ku uda berhasil upgrade ke jelly bean. tapi gabisa buat buka aplikasi play store. knp ya ? apa harus kembali ke gingerbread, caranya gimana ? thx

    1. ngg custom rom ya? coba tanya ke developernya, link market yang compatible, karena di beberapa custom rom memang marketnya gabisa kebuka, biasanya juga suka dikasih link untuk fix marketnya.

  22. Gmna cara Buka Pola yg terblokir tanpa AKun google, soalnya lupa, mau ngereset HPnya Update zip nya gak bisa disend KeSDcard.. tolong segera

  23. Mas mau tanya ni..
    Apa pnyebbny hp samsung galaxi w berat dn lmbat sekali jalan datanya?
    Dulu sudah saya restar ulang dipengaturanya tpi lama2 lambab lgi jlan datany..
    Tolong bntuanya mas….makasih..

  24. itu seperti klau mau buka aplikasi internet.mau pindah kealamat lain lama pindahnya dan ada lgi klau mau pindah kemenu home misalnya sms agak tersendat2.pdhl smsny tidak bnyk.dan ada lgi ms pas mau mematikan aplikasi internet agk tersendat2,kadang pas mau disentuh tombol exit gk respon sampai berulang2 bru mau..
    klau app tidak terlalu bnyak.
    apa ya maslhnya itu mz?

    1. Coba clear cache dan data di browsernya. Kalo aplikasi sedikit tapi lambat, kemungkinan bug. Udah coba factory reset. Kalo udah dan masih gitu, coba flash ulang os nya

  25. oh ya ms gimn ya cra factory resetny?
    apkh factory reset sm gk dengan memformat dri menu pengturan + privat dan pakai pswot emel…?
    maaf ms bnyk tnyk,maklum bru bebrpa buln mkai hp android jdi bnyk gk ngerti

      1. gan ,gue mau nanya ni knapa setiap gue download update.zip …gagal…unsuccessful..tolong pencerahannya

  26. gan nanya , setelah saya jalan kan root . ko di aplikasi superuser nya kosong engga ada isinya ? apakah root nya gagal apa bagai mana

      1. udah di instal bisa, trus di dalem fille superusernya cuma ada titanium aja , ogut baru pertama kali nge root ni jadi kurang paham hehe , kalo mau ngotak ngatiknya mau buwat maenan jadi cepet , apa udah dirut jadi naek spek nya kan wonder gingerbread,

      1. gini mas perkara’na hp’ku hbis tak upgrade ke JB 4.2.2 trz aku kmblikan keginger tp tetep tk root….trz aku unroot agy sukses….

        tp setelah aku unroot peforma’e kurang…
        ini mw aku root agy kagak bisa….
        aku msuk recevory mode tp kuar’na cwm bkan yg bwa’an hp dlu yg gambr bneka iku….

        masak gr2 cwm iku yg mempengaruh’i root ga bsa.?

        trz cra flash ulang iku gmana??

        tlng mas bingung aku..

      2. Pake custom ya? Cari firmware yang beda seri aja. Cara flash sama kaya upgrade, cuma firmwarenya aja yang beda.
        Kalo mau pake yang sama opsnya pake yang lain jangan yang pake punya custim rom

Leave a Reply

