Menghemat Baterai Android Dengan Greenify


unnamed

———-bebersih debu di blog———-

Sekarang ini banyak banget pilihan aplikasi penghemat baterai buat android, macem-macem, warna-warni kaya pilihan warna di brand wacoal dan sejenisnya di mall.
Yang ngaruh? Sebelum-sebelumnya sih gue gak percaya sama setiap penghemat baterai yang ada di playstore, penghemat baterai yang dimatiin koneksi internetnya, atau matiin teleponnya, sudah.

Tapi belakangan gue penasaran sama aplikasi penghemat baterai yang namanya greenify (tersedia di playstore versi free atau donate). Dan akhirnya gue coba install, karena biar dipuji gimana juga, handphone android selalu termasyhur dengan keborosan baterainya.
Dan ternyata aplikasi ini lumayan banget bantu mengirit baterai meskipun ga banget-banget ngiritnya ya… Setidaknya baterai gue bisa bertahan sedikit lebih lama dari biasanya.
Dan kelebihan lainnya, nih aplikasi bisa ngelegain RAM yang ketanem di handphone dan gabisa diapa-apain.
Kenapa bisa gitu? Soalnya aplikasi ini nge-hibernasi aplikasi yang berjalan di background (hampir mirip kaya penghemat baterai zaman dulu yang pernah gue ulas juga di sini, tapi lupa postingan yang mana, dah ketumpuk debu kayaknya). Yang berarti, aplikasi ini matiin jalannya/koneksi internet dari aplikasi-aplikasi yang udah kita pilih sebelumnya.
Resikonya? Sinkronisasi aplikasi (misal; Twitter, Facebook, dll) ga jalan kalo emang dipilih untuk dihibernasi. Karena itu juga RAM bisa jadi lebih lega, soalnya kerja RAM jadi ga begitu banyak.
Tapi ya kalo gue sih ga masalah, masih bisa refresh manual toh.

Kalo mau coba aplikasi ini, ada syaratnya:
– OS Handphone minimal Jellybean
– Handphone sudah diroot (karena butuh izin dari superuser)

Nah, kalo syaratnya sudah terpenuhi, tinggal ke KUA aja install aja dari sini, atau kalau mau cari apk-nya silakan tanya kangmba gugel.
Kalo udah install, cara penggunaannya:
– Buka aplikasi Greenify
– Pilih tanda ‘+’ di bagian kanan bawah, selanjutnya akan muncul pilihan aplikasi yang ada di handphone
– Pilih aplikasi mana saja yang mau dihibernasi (inget ya, kaya yang gue bilang, sinkronisasi aplikasi-aplikasi yang dipilih ga akan jalan)
– Kalau sudah dipilih, tekan tanda checklist di atas kanan
– Pilih logo kotak tiga jejer bawah (sebelah kanan tanda ‘+’)
– Pilih ‘create hibernation shortcut’ akan mucul pilihan hibernation lock screen atau hibernate now, kalau gue sih pake yang hibernate now, akan muncul shortcutnya di desktop
– Keluar dari aplikasi greenify
– Di desktop, klik aja logo hibernate now-nya, untuk pertama kali pasti akan minta izin superuser, di-grant atau allow aja.
– Rasakan perbedaannya, gue sih berasa, baterai jadi lebih irit sama RAM juga jadi lebih lega.

Kapan perlu gunain hibernate now-nya? Gue sih setiap abis buka aplikasi-aplikasi yang perlu sinkronisasi, selalu gue gunain itu hibernate now, supaya benar-benar ketutup aplikasi yang emang gue pengen ketutup dan ga ngabisin RAM, atau baterai karena aplikasi tersebut butuh koneksi internet.

Penting: untuk aplikasi yang dipilih untuk dihibernasi, gue ga pilih aplikasi-aplikasi messenger, misal BBM, Line, Whatsapp, dll, karena kalau dipilih pesan ga akan masuk kalau aplikasinya gak dibuka.

Gitu aja, selamat mencoba, maaf ga ada gambar untuk panduannya, saya Seno, bukan kak Seto.

Semoga menjadi senang. Salam nubie.

 

catatan: gambar saya ambil dari sini

One comment

  1. Pingback: Ruang mimpi

Leave a Reply

