Beli HP Garansi Resmi atau BM?


IMG_20141215_053221

Belakangan ini banyak sekali produsen telepon seluler yang mengeluarkan produk-produk terbarunya. Mulai dari yang harganya terjangkau uang di dompet, sampai dengan yang harganya cuma bisa dijangkau sama uang yang ada di dompet nasabah prioritas bank heuheu…
Tapi yang terus membuat ramai adalah kehadiran unit-unit telepon seluler black market, alias bergaransi, tapi bukan dari band penerbit produk garansinya, melainkan garansi distributor, yang sampai saat ini saya belum tau distributor siapa yang menggaransi produk tersebut, sebab di setiap pembelian barang BM (black market), sang penjaga toko pasti akan dengan percaya dirinya bilang bahwa produk tersebut bergaransi selama sekian bulan dari distributor, yang mana nanti jika mau klaim akan dibantu oleh toko mereka.
Berbeda dengan yang garansi resmi, di mana sang penjaga toko pasti akan memberi tahu alamat service center dari produk tersebut, sehingga jika ada klaim, konsumen akan langsung diarahkan ke service center tersebut. meski tak jarang jika toko tersebut merupakan langganan akan membantu konsumen menyerahkan produk tersebut ke service center resminya.

Lalu, berarti rugi kalau kita membeli telepon seluler black market?
Belum tentu.

Harga telepon seluler bergaransi black market pasti akan lebih murah dibandingkan dengan telepon seluler garansi resmi.
Memang perbedaan tak seberapa, mulai dari 200 ribu rupiah sampai dengan 500 ribu rupiah, tapi tetap saja ada selisihnya, yang mungkin saja bisa digunakan untuk keperluan lain.

Tidak semua telepon seluler black market berkualitas rendah.
Terlebih jika kita telah meneliti dengan seksama barang yang akan kita beli, sehingga barang tersebut bisa kita gunakan dengan nyaman, dan terhindar dari kerusakan yang berarti.

Telepon seluler black market biasanya akan lebih cepat muncul ke pasar sebelum yang resmi mulai dijual.
Otomatis anda menjadi orang pertama kesekian yang menggunakan produk tersebut, yang mungkin jawaban paling sering didengar dari pemakai barang BM adalah ‘hpnya beli di luar negeri’, walau tak semua yang menjawab seperti itu adalah pemakai hp BM heuheu.

Bonusnya banyak.
Seringnya, jika kita membeli HP BM di toko, akan ditawarkan bonus yang berlimpah, mulai dari case, screen guard, baterai tambahan, buku nikah, dll.

Kesimpulannya, tidak apa-apa dong kalau beli HP BM?
Secara pribadi saya jawab, tidak masalah. Selama yakin jika barang tersebut akan bisa bertahan lama digunakan, dan mengerti akan risikonya, semisal; ditolak oleh service center resmi, sehingga harus dibawa ke toko service HP terdekat dan belum tentu tercinta sebab harganya mungkin akan sedikit melambung dibandingkan jika harus membayar di service center resmi. Dan sampai saat ini juga saya belum tau distributor yang memberi garansi tersebut akan menggaransi HP kita dengan kondisi seperti apa.
Dan….. barang BM yang dibeli tersebut dalam kondisi BNIB alis Brand New Inside Box atau kotaknya masih segelas alias kinyis-kinyis. Kenapa? Kalau saya sih, kenapa harus baru, ya kalau pun seandainya barang itu rusak, saya tau yang ngerusakin itu saya, dan itu risiko saya beli barang BM. Kalau beli bekas, dan tau-tau rusak, saya pasti akan suudzon sama yang jual heuheu….

Kalau beli HP garansi resmi.
Yang pasti dengan garansi resmi, kita gak perlu takut jika ada kerusakan yang disebabkan kesalahan pabrikan, kan tinggal bawa aja ke service center, kelar masalah, malahan ada beberapa brand yang menjanjikan tukar dengan unit baru jika kesalahan pabrik terjadi sampai level tertentu. Kesalahan pabrik ya, bukan pengguna.

Gitu aja menurut saya tentang beli HP baru yang BM atau resmi.

Kalau budgetnya cukup, beli yang resmi. Kalau budget mepet dan sudah termasuk ongkos pulang pergi ke toko, ya ambil BM aja, dengan risiko sendiri ya.
O ya, satu lagi. Beli HP sesuai kebutuhan aja, jangan ikut trend atau perkembangan OS. Melihat gencarnya produsen HP mengeluarkan produk barunya setiap bulan, mungkin trend HP baru akan berhenti saat kiamat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s