Review Asus Zenfone 2 Z500CL


IMG_0148

Jadi ceritanya kemarin saya dihadiahi Handphone Asus Zenfone 2 Z500CL sama istri, iya, istri, emang situ yang masih betah aja coli sendiri.
Varian Zenfone 2 lagi ramai di social media, dengan kekuatan RAM yang 4GB dan sudah menggunakan processor yang 64 bit. Tapi gak semuanya ber-RAM 4GB, ada juga varian RAM 2GB.
Versi layar Zenfone 2 memiliki 2 jenis, yang 5” (single SIM) dan 5,5” (dual SIM), yang kesemuanya memiliki baterai yang tidak dapat dilepas (non-removable). Pun dengan kameranya, Z500cl memiliki kamera dengan kekuatan ‘hanya’ 8 MP sedangkan varian lainnya 13 MP.
Kebetulan yang saya dapat ini jenis yang paling bawah, layar 5” dengan RAM 2GB dan storage 16GB.

Unboxing.

Apa saja yang disediakan oleh asus di paket penjualan zenfone 2 Z500CL?
– Unit handphone + baterai yang tertanam di dalamnya.
– Kabel data + kepala charger.
– Headset (agak terkejut asus menyediakan headset, di mana katanya pada versi sebelum-sebelumnya tidak ada).
– Manual book dan kartu garansi.
– Sudah.

Spesifikasi Zenfone 2 Z500CL.

GENERAL 2G Network GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G Network HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G Network LTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 28(700) – TaiwanLTE band 1(2100), 2(1900), 3(1800), 4(1700/2100), 5(850), 7(2600), 8(900), 17(700), 20(800) – Global
SIM Micro-SIM
BODY Body dimension 148.1 x 71.5 x 10.9 mm (5.83 x 2.81 x 0.43 in)
Body weight 155 g (5.47 oz)
DISPLAY Display type IPS capacitive touchscreen, 16M colors
Display size 5.0 inches (~65.1% screen-to-body ratio)
Resolution 720 x 1280 pixels (~294 ppi pixel density)
Multitouch Yes
-Asus ZenUI
Protection Corning Gorilla Glass 3
SOUND Alert type Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
MEMORY Internal memory 16 GB, 2 GB RAM
Card slot microSD, up to 64 GB
DATA GPRS Yes
EDGE Yes
Speed HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat3 100/50 Mbps
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, EDR
USB microUSB v2.0
CAMERA Primary camera 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Features Geo-tagging, touch focus, face detection, panorama, HDR
Video 1080p@30fps
Secondary camera 2 MP
PLATFORM OS Android OS, v5.0 (Lollipop)
Chipset Intel Atom Z2560
CPU Dual-core 1.6 GHz
GPU PowerVR SGX544MP2
FEATURES Sensors Accelerometer, proximity, compass
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML5
Radio TBC
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Java Yes, via Java MIDP emulator
Colors Charcoal Black, Pearl White, Cherry Red
– 5GB free lifetime ASUS WebStorage
– MP3/WAV/eAAC+ player
– MP4/H.264 player
– Document viewer
– Photo/video editor
BATTERY Non-removable Li-Po 2500 mAh battery
Stand-by Up to 360 h (3G)
Talk time Up to 28 h (3G)
Music play –

Reviewnya.

Tampilan.
Dengan basis android versi 5.0, Zen UI kurang menarik bagi mata saya, entah kenapa UI ini tampak sangat biasa saja buat saya. Namun mungkin karena UI yang biasa-biasa saja ini membuat kinerja RAM tidak begitu berat.
Secara tampilan fisik, zenfone 2 Z500CL ini cukup elegan, dengan warna hitam di sekujur bodynya. Cukup berkelas jika dilihat, andai saja logo asus di bagian depan dihilangkan, cukup di bagian belakang saja, akan lebih berkelas tampilan handphone ini menurut dr. Naek L Tobing saya.

Layar.
Dengan layar 5” kerapatan ppi cukup baik di mata, viewing angle pun cukup luas. Karena sudah corning gorilla glass 3, saya tidak menambahkan apapun ke atas layarnya.

Konektivitas.
Z500CL sudah mengadopsi konektivitas 4G. Jujur saya belum menukar simcard saya dengan sim card yang 4G, namun pernah sekali saya melihat konektivitas saya menyentuh 4G, padahal saya sedang berada di ruangan yang bahkan biasanya selalu no signal. Entah ada apa itu.

Kamera.
Kamera 8 MP milik Z500CL menurut saya masih masuk ke dalam kategori biasa saja, bahkan jika dibandingkan dengan kamera 8MP milik handphone lain, kalah telak menurut saya (saya hanya pernah menggunakan iphone 4s dan redmi 1s). Namun ada fitur smart brightness yang membuat kita tak perlu repot mengatur kecerahan layar ketika siang hari, cukup menarik.
Kecepatan dalam mengambil gambar cukup cepat, jika ingin menyimpan foto secara default ke eksternal memory, pastikan micro sd-nya memiliki kelas yang baik, jika kurang baik kelasnya seperti milik saya, maka akan butuh waktu sekitar 1-2 detik untuk menyimpan gambar.
Dalam keadaan kurang cahaya, noise masih timbul, bahkan walau sudah menggunakan fitur low light pun sama saja hasilnya. Saya membandingkan foto sunrise antara z500cl dan iPhone 4s dan redmi 1s, masih jauh lebih baik hasil milik kedua handphone lainnya itu.
Untuk perekaman video, menurut saya masih cukup baik, seimbang dengan dua merk lain yang saya bandingkan di atas.

Kinerja.
Ini yang saya suka, kinerja handphone ini terasa sangat smooth. Tak ada lag, multitasking berjalan dengan baik. Saya mencoba memainkan 3 game cukup berat (asphalt 8, darkness reborn, real racing) secara bersamaan, kemudian berpindah satu sama lain, berjalan dengan baik.
Hampir seluruh aplikasi tidak mengalami force close, sebab saya coba meng-install little photo namun langsung force close dan tidak bisa dibuka sama sekali (terus force close), entah karena aplikasinya tidak cocok dengan versi androidnya atau sebab lainnya, saya tidak tau. Namun aplikasi lainnya berjalan dengan baik.
Notifikasi dari semua aplikasi yang menggunakan push notification pun tak pernah terhambat (aplikasi social media, chat, dan email). Mungkin berkat RAM 2GB yang hanya terpakai sedikit untuk menjalankan service dan UI, sehingga sisa RAM yang tersedia bisa menjalankan semua fitur aplikasi dengan baik.

Dah gitu aja cerita saya tentang Asus Zenfone 2 Z500CL. So far memakai handphone ini saya orgasme puas.
Semoga senang.

5 comments

Leave a Reply

