Tampilan Pure Android Dengan Google Now Launcher


Screenshot_2015-06-08-08-38-34

Begitu banyak varian handphone android yang ada di pasar saat ini, yang tampilan antar mukanya pun saling berbeda satu sama lain.
Namun, tidak semua varian handphone memiliki tampilan muka pure android, sebagaimana yang dimiliki ponsel-ponsel keluaran google (nexus dan android one), terkecuali Motorola yang juga menggunakan UI pure android, entah setelah diakuisisi oleh Lenovo nantinya.

Tampilan pure android ini menurut saya sangat menarik, simple, dan bersih.
Setelah muter-muter di playstore, akhirnya saya dapat aplikasi launcher yang bernama google now launcher (gratis), yang dikembangkan oleh google itu sendiri. Dengan memberikan tampilan pure android, beserta fitur ‘ok google’ yang dimiliki oleh handphone keluaran google, saya rasa mungkin google ingin memberikan pengalaman menggunakan pure android pada varian handphone yang tidak memiliki tampilan antar muka pure android.

Setelah saya mencoba, tampilan antar muka pada handphone menjadi lebih fresh dengan tampilan pure android, dan fitur ok google jadi salah satu pemanisnya. Launcher ini cukup ringan digunakan, karena memang tidak dibekali dengan pengaturan akan tampilannya, kita hanya diberikan keleluasaan untuk mengatur card apa saja yang akan ditampilkan pada menu google.
Berikut screenshotnya.

ss.jpg

Menarik, itu kesan saya. Hanya saja, tidak seperti custom rom yang mampu mengubah tampilan hingga ke bar sinyal dan baterai, google now launcher hanya mengubah tampilan antar pun dengan icon-iconnya yang tidak semuanya berganti, tidak dengan bar sinyal dan baterai. Sehingga tidak sepenuhnya tampilan pure android terpampang di tampilan antar muka. Tapi cukuplah menurut saya.
Namun ada satu hal yang cukup mengganjal buat saya pribadi, ada hal yang di handphone saya ternyata hanya bisa dijalankan pada launcher bawaan, yaitu dua kali mengetuk layar untuk mengunci layar. Fitur tersebut tidak berjalan di google now launcher, namun jika dalam keadaan terkunci saya dua kali mengetuk layar, screen on tetap bisa berjalan.

Launcher satu ini layak coba menurut saya. Jadi? Mau merasakan tampilan pure android? Silakan unduh di sini.

Semoga senang.

One comment

Leave a Reply

