Cara Update Firmware Manual Asus Zenfone


Screenshot_2015-06-25-09-14-19

Sebagaimana kita tau, Zenfone sudah menyediakan aplikasi untuk bisa update firmware-nya secara OTA (over the air), dengan kata lain kita tak perlu repot-repot harus mengunduh file firmware melalui PC atau laptop untuk kemudian diinstall di handphone, cukup buka aplikasi system update dan klik ‘check update’, atau bahkan akan muncul dengan sendirinya notifikasi bahwa pembaharuan system telah tersedia. Dengan update firmware via OTA lewat handphone tak dibutuhkan PC, cukup jaringan internet yang baik dan handphonenya itu sendiri, proses mengunduh akan tetap ada, namun bisa langsung dilakukan melalui handphone, yang kemudian secara otomatis akan diinstall.

Namun, terkadang menu software update tidak berjalan dengan baik, yang mana, walaupun telah dilakukan pengecekan update, namun tidak bisa mendeteksi adanya firmware terbaru, padahal sudah jelas firmware terbaru telah diluncurkan oleh produsen handphone tersebut.

Di sini saya coba berbagi tentang cara update firmware Asus Zenfone secara manual.
Tidak perlu takut akan tidak bisa mendapatkan firmware terbaru jika memang firmware tersebut telah dirilis secara resmi oleh Asus, selama Zenfone kita memang asli buatan Asus, dan bukan kloningan. Maka kita akan tetap bisa mendapatkan firmware terbaru, meski handphone kita BM sekalipun.

Caranya?
Dari PC atau laptop, buka link ini, cari tipe zenfone yang dimiliki, lalu pilih OSnya (di sini sudah pasti android yang dipilih), lalu akan muncul beberapa pilihan, pilih firmwarenya, dan unduh firmware yang paling atas, atau lihat tanggal rilisnya, pastikan mengunduh firmware dengan tanggal rilis terbaru.
Yang patut diperhatikan adalah tipe SKUnya (WW, TW, dll), unduh firmware yang sesuai dengan SKU sebelumnya (bisa dilihat di setting-about-software information-build number) pastikan dua huruf pertama pada firmware yang akan diunduh sesuai dengan dua huruf pertama SKU di build number sebelumnya. Dan pastinya tipe zenfonenya itu sendiri, harus mengetahui tipe zenfone yang dimiliki tipe yang mana ketika akan mengunduh, sebagaimana kita tau, ada beberapa tipe zenfone yang memiliki varian.

Setelah diunduh file firmware yang berbentuk .zip tersebut, copy file tersebut ke internal memory zenfone dengan kabel data. Jika sudah, langsung cabut kabel data dari laptop, akan langsung muncul notifikasi bahwa firmware terbaru telah tersedia, jiak tidak muncul notifikasi ini, restart dulu zenfonenya. Setelah itu, pilih install, tunggu saja sampai proses selesai, biasanya akan butuh waktu yang cukup lama. Dan selesai, firmware zenfone telah terupdate!

Semoga senang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s