Samsung Galaxy J5. Beli?


Tumben pake Samsung?
Iya dipinjemin kantor.
Seneng?
Berhubung hp bini rusak, jadi hape andromax R2 dipake bini sementara, jadi ya diterima sajalah.
Telat amat?
Baru punya dipinjamkan soalnya.

Samsung J5.
Saya sempat beberapa kali mendengar atau membaca varian J dari Samsung ini diperbincangkan sebagai salah satu gadget yang direkomendasikan.

Menurut saya?
Dengan harga yang masih berada di atas 2 juta rupiah, dan sudah saya gunakan selama 4 bulan, handphone ini tidak saya sarankan untuk dibeli. Kenapa?

Screenshot_2016-07-04-16-56-40Kapasitas penyimpanan internal.
Dengan harga sebesar itu, kita hanya mendapatkan memori internal sebesar 8GB (lupakan root dan segala macam aplikasi yang bisa digunakan untuk membantu penyimpanan ini), di mana dengan penyimpanan hanya sebesar itu, saya sangat kesulitan dalam install aplikasi, sebab saya selalu ingin menyisakan kapasitas sebesar 1GB untuk penyimpanan internal supaya handphone tidak lemot. System sendiri mengambil 3.35GB dari penyimpanan tersedia. Sisanya? Silakan pintar-pintar menginstall aplikasi supaya penyimpanan internal tidak kepenuhan.
Kenapa saya taruh permasalahan ini di poin pertama? Karena buat saya, dengan harga dalam kisaran itu, sangat tidak masuk akal hanya memiliki penyimpanan internal sebesar 8GB, mengingat besaran aplikasi di play store saat ini tidak kecil.

Screenshot_2016-07-04-16-58-57Jaringan.
Kedua SIM telah mendukung jaringan 4G, seperti biasa, kedua SIM pun bisa disetel sesuka kita, apakah mau keduanya berjalan di 4G atau terserah kita. Kabarnya samsung J5 ini bisa juga menggunakan kartu smartfren atau Bolt, tapi saya tidak mencobanya.

RAM.
Ini adalah hal yang paling istimewa dari J5, dengan RAM yang ‘hanya’ 1.5GB, J5 mampu menjalankan multitasking dengan baik, memang saya tidak bisa mencoba dengan membuka beberapa game HD sekaligus, sebab masalah penyimpanan internal tadi, tapi dengan beberapa aplikasi yang cukup berat saya buka berbarengan, saya rasa manajemen RAM di J5 berjalan sangat baik dibandingkan merk lain yang mempunyai RAM 2GB (dengan catatan merk lain yang saya bandingkan mempunyai harga lebih murah dari J5).

20160609_141427Kamera.
13MP sebagai kamera utama, hasil dihasilkan oleh J5 cukup baik, hanya saja sayangnya Samsung tidak menyelipkan mode manual di varian ini, entah kenapa, atau memang semua Samsung tidak memiliki mode manual pada kameranya saya tidak tau. 5MP yang ditanamkan di kamera sekunder/depan mempunyai hasil yang biasa saja menurut saya.

Video dan Audio.
Beberapa file film yang saya punya mampu diputar dengan baik oleh player bawaan Samsung, tanpa harus install aplikasi pemutar video lain, blueray 1080 mampu diputar dengan baik oleh J5.
Pemutar audio sendiri dibekali google play music, yang menurut saya sih masih kurang, sebab tidak memiliki equalizer, mungkin memngingat handsfree yang diberikan pun mempunyai kulaitas standar saja, hingga tidak perlu aneh-aneh dalam mendengarkan audio, cukup bisa diputar dan didengarkan.

Baterai.
Baterai sebesar 2600 mAH dan dapat dilepas milik J5 ini masuk kategori irit bagi saya, jika dalam penggunaan normal, baterai ini mampu bertahan hingga kurang lebih 8 jam, sebelum saya charge kembali. Itu dengan beberapa aplikasi yang butuh koneksi internet tetap berjalan di belakang. Poin plus? Pasti!

Screenshot_2016-07-04-16-56-10Lainnya.
Bezel yang cukup tipis memberikan kesan yang cukup mewah di bagian depan, namun tulisan ‘duos’ di bagian belakang entah kenapa menurut saya cukup mengusik kesan lumayan mewah yang diberikan. Tombol kapasitif yang tidak mempunyai lampu latar sebetulnya tidak perlu diperhitungkan, mengingat banyak varian Samsung lainnya yang memang begini.
USB OTG bisa berjalan dengan baik, saya hanya mencoba maksimal flash disk 32GB, sebab memang hanya itu yang saya punya.
UI TouchWiz? Buruk! Dari dulu memang saya tidak suka dengan tampilan touchwiz yang begitulah, makanya saya ganti pakai launcher lain. Memang tersedia theme manager untuk mengubah tampilan icon, tapi tampilan globalnya ya sama. Ini subjektif.
System sendiri berjalan di 5.1.1 yang mana rumornya akan mendapatkan update 6.0 namun entah kapan (jika ingin install rom india sudah tersedia versi 6.0)

Lalu? Hanya satu minus dan saya tidak menyarankan membeli/gunakan hp ini. Sekali lagi ini pandangan saya, jika punya pandangan lain silakan. Namun buat saya, penyimpanan internal yang ‘hanya’ 8GB adalah minus besar. Hari gini, punya HP harga segitu, Cuma bisa install aplikasi tertentu biar penyimpanan internal tidak penuh? Sangat tidak masuk akal buat saya, mengingat banyak merk lain yang memberikan harga lebih murah, dengan kemampuan sama, memberikan kapasitas penyimpanan internal lebih besar. Buat saya itu krusial. Memang baterai punya daya tahan yang baik, kembali lagi, buat saya kapasitas penyimpanan internal itu krusial.

Gitu aja sih, sekali lagi ini penilaian saya yang terbiasa menggunakan penyimpanan internal lebih besar, dan atau tanpa harus oprek handphone tersebut.

Leave a Reply

